DESAIN DAN PEMBUATAN PRODUK CYLPERB SKALA LABORATORIUM

  • Agus Yulianto Jurusan Teknik Mesin, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: cylperb, moulding, spektrometer, metalografi, kekerasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendesain dan membuat produk cylperb lokal. Setelah penelitian awal membuat besi cor cil sebagai dasar pembuatan cylperb, penelitian ini membuat cetakan cil yang mudah digunakan. Target khusus dalam penelitian ini adalah dapat membuat desain dan pembuatan  skala laboratorium produk cylperb.  Metodologi penelitian dilakukan dengan membuat desain dan pembuatan cylperb skala laboratorium untuk specimen dengan moulding logam kemudian diuji sifat-sifat fisis dan mekanis.  Pengujian awal dilakukan dengan cara menguji komposisi kimia dengan spektometer dari cylperb produk  lokal. Selanjutnya specimen diuji kekerasan dan metallografi. Pengujian kekerasan diuji bagian kulit/luar dan tengah.

References

Masyrukan, Yulianto, A., 2004, Peningkatan Sifat Ketangguhan dan Keuletan Austempere Ductile Iron (ADI) pada proses inokulasi dan Perlakuan Panasdengan material FCD 50, Media Mesin, UMS

Partono, P, 2004, Studi Peningkatan Mampu Mesin (Machinability) pada Produk Pengecoran Besi Cor Kelabu, Media Mesin, UMS

Surdia, T.; Saito, S., 1985, Pengetahuan Bahan Teknik, Edisi ke-4, PT. Pradnya Paramita, Jakarta

Surdia, T.; Chijiwa, K., 1976, Teknik Pengecoran Logam, Edisi ke-2, Cetakan ke-7, PT. Pradnya Paramita, Jakarta

Van Vlack; Djaprie, S. (Alih Bahasa), 1994, Ilmu dan Teknologi Bahan, Edisi ke-5, PT. Erlangga, Jakarta

www.hebel.co.id (2011)

Yulianto, A,2003, Ketangguhan Retak Besi Cor Maleabel dan Putih, Gelagar, UMS.

Yulianto, A,2007, Pemanfaatan Limbah Geram/Chip Besi Cor sebagaiSubstitusi Bahan dasar Pembuatan Blok Rem Kereta Api melalui proses Peleburan/Remelting, Makalah, UMS.

Yulianto, A dan Partono, P ,2004, Proses Peramuan Bahan Baku Besi Cor di Dalam Tanur Tungkik untuk Membuat Besi Tuang Kelabu yang Sesuai dengan Standar Industri, Media Mesin, UMS.

Published
2022-02-20
How to Cite
[1]
A. Yulianto, “DESAIN DAN PEMBUATAN PRODUK CYLPERB SKALA LABORATORIUM ”, Journal Foundry, vol. 3, no. 1, pp. 31-35, Feb. 2022.