ANALISIS KEKERASAN MAKRO PADA REL KERETA API TANJUNG KARANG TIPE R54

  • Akmal Afif Kenedi Institut Teknologi Sumatera
  • Fajar Paundra Program Studi Teknik Mesin, Institut Teknologi Sumatera
  • Eko Pujiyuliyanto Program Studi Teknik Mesin, Institut Teknologi Sumatera
  • Abdul Muhyi Program Studi Teknik Mesin, Institut Teknologi Sumatera
  • Muhammad Syaukani Program Studi Teknik Mesin, Institut Teknologi Sumatera
  • Setiyo Rojikin Politeknik Negeri Malang
  • Yudi Kurniawan Politeknik Negeri Balikpapan
Keywords: kekerasan Vickers, rel, makro

Abstract

Mikrostrukur sangat berpengaruh terhadap karakteristik material. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kekerasan makro pada kepala rel kereta api tipe R54 yang digunakan di tanjung karang. Pengujain yang dilakukan meliputi pengujian kekerasan dengan menggunkan metode vickers dengan menggunakan Universal Hardness Tester. Hasil pengujian kekersan pada bagian kepala yang rel yang dilakukan dengan tiga kali pengujian dimana dua pengujian dilakukan pada spesimen A dan satu pengujian dilakukan di spesimen B. pengujian pada spesimen A yang diambil secara vertikal memiliki nilai rata-rata 347,31 HVN dan pengujian yang diambil secara horizontal memiliki nilai rata-rata 354,077 HVN. Sementara pengujian yang dilakukan pada spesimen B yang berupa potongan dari bagian kepala rel memiliki nilai kekerasan rata-rata 362,60 HVN.

 

References

Schnalzger, G, W Daves, R Pippan, J Maierhofer, dan A Hohenwarter., "Crack path investigations in a pearlitic rail steel after pre-deformation under cyclic Mode-II loading.," Engineering Failure Analysis, vol. 140, no. 106567, 2022.

Dr.Ir. Herman Wahyudi, Jalan Kereta Api (Sistem dan Fasilitas Jalan Rel), JTS FTSP ITS: Surabaya, 1993.

B. Sladojevic, M. Jelic, and M. Puzic, "New Requirements For The Quality Of Steel Railsv," Metalurgija-MJoM, vol. 17, pp. 213-219, 2011.

Setiyono, Bambang and Yurianto, Ir. MT, Analisa Kepekaan Retak, Dan Struktur Mikro Pada Daerah Kritis Rel Foot Baja Aisi 50b60h yang Telah Mengalami Proses Pengelasan Thermite, 2011.

ASTM E18 for Standard Test Method For Rockwell Hardness Of Metalic Materials.

ASTM E10 for Standard Test Method For Brinell Hardness Of Metalic Materials.

ASTM E92 for Standard Test Method For Vickers Hardness and Knoop Hardness.

Abdul Muhyi, Nabila Ramadhanty, Eko Pujiyulianto, Kardo Rajagukguk, Fajar Paundra, "Analisa Pengaruh Variasi Media Pendingin Pada Perlakuan Panas Terhadap Struktur Mikro Dan Nilai Kekerasan Fully Pearlitic Steel," vol. 12, no. 2301-6663, 2023.

D. Zeng, L. Lu, N. Zhang, Y. Gong, and J. Zhang, "Effect of different strengthening methods on rolling/sliding wear of ferrite–pearlite steel," vol. 358, pp. 62-71, 2016.

Dieter, George E., Mechanical Metalurgy, New York: McGraw Hill, 1986.

George F. Vandervot, Metallography Principles and Practice, McGrawHill, 1984.

Eko Pujiyulianto, Fajar Paundra ,Jukepri Brain Meliala, Hadi Teguh Yudistira, Amelia Oktavia, M. Fahan Sidik, M. Rafi Kurniawan, Fuad Mulkan Al Machzumy, "Analisis Struktur MIkro danKEkuatan Aus Rel Kereta Api Tipe R54 Divre IV Tanjung Karang," vol. 44, no. 0126-3463, 2022.

Published
2024-07-25
How to Cite
[1]
A. A. Kenedi, “ANALISIS KEKERASAN MAKRO PADA REL KERETA API TANJUNG KARANG TIPE R54”, Journal Foundry, vol. 7, no. 2, pp. 62-68, Jul. 2024.

Most read articles by the same author(s)