ANALISIS LAJU KOROSI DAN KEREKATAN CAT PADA PELAPISAN PELAT BAJA SPHC JIS G3131 DI BAGIAN PERISAI KOLONG KENDARAAN ANGKUTAN RINGAN

  • Faqih Assidik Universitas Tidar Magelang
  • Nurhadi Nurhadi Universitas Tidar
  • Ikhwan Taufik Universitas Tidar
Keywords: Kata Kunci: Baja, Powder coating, Cat, Kerekatan, Korosi

Abstract

Perisai kolong mobil merupakan salah satu komponen yang digunakan untuk melindungi kendaraan angkutan ringan. Kurangnya perawatan dapat menimbulkan korosi yang dapat menimbulkan kerusakan pada perisai kolong mobil, sehingga dapat mempersingkat masa pakai perisai kolong mobil. Korosi terjadi pada perisai kolong mobil dapat menyebabkan pengeroposan pada perisai kolong mobil, sehingga perisai menjadi rapuh dan mudah patah atau putus. Penelitian ini dilakukan untuk menghambat laju korosi pada perisai kolong mobil. Spesimen material perisai kolong mobil yang digunakan baja SPHC JIS G3131. Penelitian dilakukan pengecatan powder coating pada baja SPHC untuk menganalisis kerekatan dan laju korosinya. Variasi peyemprotan dalam penelitian ini yaitu 15 cm, 20 cm, dan 25 cm. Hasil pengujian kerekatan cat dengam metode pengujian pull off adhesion didapatkan hasil pengukuran paling efektif pada variasi 25 cm dengan nilai 0,56 Mpa. Hasil uji laju korosi dengan metode EIS efektif pada variasi 25 cm dengan nilai korosinya -41267ohm.cm2. Penelitian baja SPHC dengan dilakukannya pelapisan cat powder coating dapat menurunkan nilai laju korosi dan memperpanjang umur baja SPHC.

References

Afandi, Y. K., Arief, I. S., Teknik, J., Perkapalan, S., & Kelautan, F. T. (2015). Analisa Laju Korosi pada Pelat Baja Karbon dengan Variasi Ketebalan Coating. Jurnal Korosi, 4(1), 1–5.

Setiawan, Y. A., & Sakti, A. M. (2022). Analisa Laju Korosi Pada Baja Karbon Rendah Spcd Dengan Menggunakan Metode Painting Dan Phosphating Sebagai Media Pelapisan Logam. Jurnal Teknik Mesin, 10(01), 21–26. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jtm-unesa/article/view/44164

Mulyanto, T., Supriyono, & Parama Arta, S. (2020). Pengaruh Perlakuan Awal Terhadap Daya Rekat Dan Kekuatan Lapisan Pada Proses Pengecatan Serbuk. Jurnal ASIIMETRIK: Jurnal Ilmiah Rekayasa & Inovasi, 2(1), 25–32. https://doi.org/10.35814/asiimetrik.v2i1.1186

Rohman, M., Darsin, M., Dwi, R., & Qoryah, H. (2020). Pengaruh Parameter Spray Gun Terhadap Kekilapan Pada Pelapisan Baja Karbon Rendah ( ST37 ) Two purposes of painting of the automobile body , i . e . protection and aesthetic . For the aesthetic one , scientifically measured its glossiness . The purpose of. 13(April), 20–26.

Wahyuningsih, Asri, Yayan Sunarya, and Siti Aisyah. "Metenamina sebagai inhibitor korosi baja karbon dalam lingkungan sesuai kondisi pertambangan minyak bumi." Jurnal Sains Dan Teknologi Kimia 1.1 (2010): 17-29.

Muhayat, N., Habibi, I., Triyono, T., Cahyono, S., Surojo, E., & Triyono. (2021). Effect Of The Substrate Surface Profile On The Bonding Strength Of The Aluminum Thermal Sprayed On The Low Carbon Steel. Rekayasa Mesin, 591-604.

Irwan, Dian, Arif .(2016) Pengaruh Jarak Peyemprotan Spray Gun Dan Campuran Cat Dengan Thinner Terhadap Kualitas Hasil Pengecetan Skripsi 2016.

Harsisito, Immanuel Ginting dan Eddy D.C (2019). Kinerja Proteksi Anodik Baja ASTM A 516-60 DAN JIS G3131-SPHC ASAM Sulfat Pekat.

Widianto, W. (2022). Digital Rerosirory Universitas Jember.

Arifullah, M., & Widyastuti, I. (2015). Laju Korosi Baja Karbon Hasil Powder Coating dan. 27–34.

Published
2024-01-23
How to Cite
[1]
F. Assidik, N. Nurhadi, and I. Taufik, “ANALISIS LAJU KOROSI DAN KEREKATAN CAT PADA PELAPISAN PELAT BAJA SPHC JIS G3131 DI BAGIAN PERISAI KOLONG KENDARAAN ANGKUTAN RINGAN”, Journal Foundry, vol. 7, no. 1, pp. 18-26, Jan. 2024.