ANALISIS KEKUATAN PADA RANGKA SEPEDA MOTOR LISTRIK DENGAN METODE ELEMEN HINGGA

  • Sri Hastuti Jurusan Teknik Mesin, Universitas Tidar
  • Wahyuchandra Ramadhani Jurusan Teknik Mesin, Universitas Tidar
  • Nani Mulyaningsih Jurusan Teknik Mesin, Universitas Tidar
Keywords: tegangan von mises, total deformasi, rangka sepeda motor

Abstract

Kebutuhan kendaraan ramah lingkungan membuat inovasi peralihan dari sepeda motor bensin menjadi motor listrik meningkat. Sepeda motor bensin dan listrik memiliki komponen yang hampir sama, perbedaan terletak pada mesin sehingga diperlukan sedikit penyesuaian pada bagian rangka. Perancangan dan pengujian rangka diperlukan untuk memastikan rangka dapat digunakan dengan aman. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kekuatan terbaik variasi desain rangka sepeda motor listrik. Metode penelitian menggunakan metode komparatif dengan membandingkan tiga desain rangka sepeda motor listrik terhadap hasil simulasi tegangan von mises maksimum terendah, total deformasi maksimum terendah dan faktor keamanan minimum tertinggi. Simulasi rangka menggunakan material AISI 4130 dengan beban yang terdiri dari baterai, motor listrik, dan pengontrol. Desain rangka didesain menggunakan Solidworks dan simulasi rangka menggunakan Ansys Workbench. Hasil simulasi pada desain satu didapatkan tegangan von mises 23,199 MPa, total deformasi 0,036 mm, dan faktor keamanan 17,889. Desain dua didapatkan tegangan von mises13,256 MPa, total deformasi 0,046 mm, dan faktor keamanan 31,306. Desain tiga didapatkan tegangan von mises 17,253 MPa, total deformasi 0,049 mm, dan faktor keamanan 24,054. Desain 2 memiliki kekuatan terbaik dengan tegangan von mises terendah, total deformasi terendah dan faktor keamanan tertinggi.

Author Biographies

Sri Hastuti, Jurusan Teknik Mesin, Universitas Tidar

Teknik Mesin

Nani Mulyaningsih, Jurusan Teknik Mesin, Universitas Tidar

Teknik Mesin 

References

N. A. F. Nugraha, A. Estiyono, and A. Kurniawan, “Implementasi Rangka Untuk Sepeda Motor Sport Elektrik Setara 250cc,” J. Sains dan Seni ITS, vol. 9, no. 1, 2020.

R. J. Delgado Ojeda, “Motorcycle frame design and optimization,” Bachelor’s thesis, vol. Universita, pp. 1–87, 2016.

KTM Bike Industries : Technologies. Available from : (https://www.ktm-bikes.at/service/technologies). (diakses pada 14 Mei 2022).

S. Mubarok, “Pengaruh Variasi Material Dan Beban Keamanan Pada Desain Pencakar Inner Puller Bearing Berbasis Simulasi Menggunakan,” 2019.

I. N. A. A. Saputra, K. R. Dantes, and I. N. P. Nugraha, “Analisis Tegangan Statik pada Rancangan Frame Mobil Listrik Ganesha Sakti ( Gaski ) Menggunakan Software Solidworks 2014,” JJTM, vol. 6, no. 2, pp. 113–120, 2018.

A. Harahap, “Simulasi Pembebanan Pada Shackle Menggunakan Perangkat Lunak Ansys APDL 15.0,” J. Mech. Eng. Manuf. Mater. Energy, vol. 4, no. 1, pp. 74–84, Jun. 2020

A. H. Soesilo, Fadelan, and W. T. Putra, “Perancanga dan Analisi Carbody Lokomotif dengan Metode Elemen HIngga,” pp. 8–18, 2020.

N. A. F. Nugraha, A. Estiyono, and A. Kurniawan, “Implementasi Rangka Untuk Sepeda Motor Sport Elektrik Setara 250cc,” J. Sains dan Seni ITS, vol. 9, no. 1, 2020.

R. J. Delgado Ojeda, “Motorcycle frame design and optimization,” Bachelor’s thesis, vol. Universita, pp. 1–87, 2016.

KTM Bike Industries : Technologies. Available from : (https://www.ktm-bikes.at/service/technologies). (diakses pada 14 Mei 2022).

S. Mubarok, “Pengaruh Variasi Material Dan Beban Keamanan Pada Desain Pencakar Inner Puller Bearing Berbasis Simulasi Menggunakan,” 2019.

I. N. A. A. Saputra, K. R. Dantes, and I. N. P. Nugraha, “Analisis Tegangan Statik pada Rancangan Frame Mobil Listrik Ganesha Sakti ( Gaski ) Menggunakan Software Solidworks 2014,” JJTM, vol. 6, no. 2, pp. 113–120, 2018.

A. Harahap, “Simulasi Pembebanan Pada Shackle Menggunakan Perangkat Lunak Ansys APDL 15.0,” J. Mech. Eng. Manuf. Mater. Energy, vol. 4, no. 1, pp. 74–84, Jun. 2020

A. H. Soesilo, Fadelan, and W. T. Putra, “Perancanga dan Analisi Carbody Lokomotif dengan Metode Elemen HIngga,” pp. 8–18, 2020.

M. M. Yusup, “Perancangan Rangka Tubular Space Frame Kendaraan Listrik Fsae-Itk Ditinjau Dari Simulasi Finite Element Analysis (FEA),” Dr. Diss., pp. 8–45, 2019.

Wibawa, L. A. N., 2019, Desain dan Analisis Kekuatan Rangka Lemari Perkakas di Balai LAPAN Garut Menggunakan Metode Elemen Hingga. Machine: Jurnal Teknik Mesin, 5(2), 45-50.

Wibawa, L. A. N., 2020, Simulasi umur fatik rangka main landing gear menggunakan metode elemen hingga, Din. Tek. Mesin, 10(2).

Published
2022-05-27
How to Cite
[1]
S. Hastuti, Wahyuchandra Ramadhani, and N. Mulyaningsih, “ANALISIS KEKUATAN PADA RANGKA SEPEDA MOTOR LISTRIK DENGAN METODE ELEMEN HINGGA”, Journal Foundry, vol. 5, no. 2, pp. 1-11, May 2022.

Most read articles by the same author(s)